Tips Merawat Mesin Mobil Agar Performa Mesin Tetap Maksimal

  Tips Merawat Mesin Mobil agar Performa Mesin Tetap Maksimal

meta deskripsi: Setidaknya ada beberapa tips merawat mesin mobil di bawah ini bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat tenaga mesin yang optimal .



   

Agar mobil tetap memiliki performa yang prima, maka Anda perlu merawat mesin mobil dengan sebaik mungkin. Setidaknya ada 7 tips merawat mesin mobil yang bisa Anda lakukan di antaranya sebagai berikut:

7 Tips Merawat Mesin Mobil

Lakukan Pemanasan dan Cek Kondisi Kelengkapan Lainnya.

Mesin mobil dilengkapi dengan pelumas yang berfungsi untuk melapisi komponen mesin yang bergesekan. Anda perlu melakukan pemanasan mobil terlebih dahulu sebelum digunakan agar sebaran pelumas tersebut merata.

Panaskan mobil sesuai dengan penggunaanya, jika tergolong jarang, maka waktu pemanasan berlangsung lebih lama hingga mesin dalam kondisi suhu panas yang ditujukan dengan jarum indikator.

Pemanasan juga berfungsi untuk mempertahankan keawetan kendaraan. Jangan lupa cek kondisi ban, kopling dan kelengkapan penting lainnya.

Ganti Oli dan Filter secara Tepat

Mengganti oli pada waktu yang tepat merupakan kewajiban yang sangat penting dilakukan untuk membuat tenaga mesin tetap stabil. Selain dengan mengganti oli, Anda pun perlu mengganti filternya dengan tepat waktu.

Jadwal mengganti oli tergantung pada pemakaiannya, beberapa menyarankan penggantian oli setiap kali menempuh 10 ribu KM atau 5 ribu KM jika sering dihadapkan dengan jalanan yang tidak normal.

Mengisi Air Radiator Menggunakan Cairan Coolant

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin yang bekerja. Agar mesin terhindar dari Overheat, maka dianjurkan untuk mengisi air radiator secara berkala menggunakan cairan Coolant atau radiator. Pastikan selalu agar air radiator tidak kehabisan.

 Selain memastikan air radiator terpenuhi, Anda pun perlu mengecek cairan lain yang diperlukan oleh mobil seperti power steering, rem ataupun air wiper bagi yang menggunakan.

Isi Bahan Bakar secara Penuh dengan Basis yang Tepat

Pengisian bahan bakar adalah bagian yang sangat penting untuk diperhatikan, jika tidak melakukan pengisian yang benar ini bisa berdampak pada pemeliharaan mesin.

Sangat dianjurkan untuk mengisi bahan bakar secara penuh, hal ini karena pengisian yang setengah-setengah bisa mengakibatkan kerak dan kotoran di tangki. Beda urusannya jika mengisi bahan bakar secara penuh bagian tangki akan selalu dalam kondisi bersih.

Selain itu, pastikan bahan bakar yang digunakan sesuai dengan rekomendasi dari pabrik, biasanya menyarankan untuk menggunakan bahan bakar yang mengandung oktan tinggi.

Anda bisa menggunakan bahan bakar dengan teknologi baru DYNAFLEX yang telah terbukti memiliki banyak molekul pembersih yang dapat membersihkan endapan serta mengurangi gesekan hingga 80%, sehingga performa mesin lebih optimal.

Perhatikan suhu mesin

Untuk menghindari turun mesin, penting juga untuk selalu jaga mesin tetap dalam suhu yang optimal. Hindari pemakaian berlebihan yang dapat menyebabkan mesin yang terlalu panas berlebihan. Jika indikator suhu mesin menunjukkan suhu yang tidak normal, segera berhenti dan periksa penyebabnya.

Cek Starter dan Control Aki

Akibat dari kekurangan bahan bakar akan menyebabkan starter rusak, sehingga mesin mobil akan sulit dihidupkan. Maka dari itu, Anda perlu mengecek starter mobil untuk melihat kondisi mesinnya.

Jika kerusakan terjadi diakibatkan oleh kekurangan bahan bakar, Anda bisa mengecek bagian filter dan membersihkannya.

Aki dan mesin mobil merupakan dua bagian yang tidak terpisahkan, maka dari itu pastikan selalu control aki dengan menetapkan air aki sesuai ukurannya.

Jaga Kebersihan Mobil

Ketahanan dan keawetan mobil terdapat pada kebersihan komponennya, sehingga untuk menjaga performa dan kestabilan tenaga mobil Anda harus menjaga kebersihan seluruh bagiannya termasuk sparepart bukan hanya mesin saja.

Periksa juga sistem pelumas

 Selain mengganti oli mesin secara teratur, jangan lupa periksa juga pelumas lain seperti pelumas rem, pelumas power steering, dan pelumas transmisi. Pastikan cairan pelumas tidak kekurangan dan apa bila pelumas sudah terlalu kotor, gantilah jika diperlukan.

Rutin Tune Up

Terakhir agar mesin mobil terawat dengan baik sehingga performanya tetap stabil, Anda perlu melakukan tune up pada seluruh komponen penting di mobil secara rutin. Silahkan kunjungi dealer resmi untuk mendapatkan tune up yang profesional.

Merawat mesin mobil merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan jika Anda ingin mobil tersebut tetap awet dan performa yang maksimal. Setidaknya beberapa tips merawat mesin mobil di atas bisa Anda lakukan.   

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sahabat autonesia.

0 Komentar

Advertisement